Timnas-Indonesia-U-16


Solo – Timnas Indonesia U-16 dan Laos U-16 akan bertarung untuk memperebutkan tiket semifinal Piala AFF U-16 2024 di Solo. Kedua tim dari Grup A ini sama-sama mengantongi dua kemenangan dan mengumpulkan 6 poin.

Namun, dalam Piala AFF U-16 2024, hanya juara grup yang berhak lolos ke semifinal. Sementara satu slot lainnya akan diisi oleh peringkat kedua terbaik.

Pada klasemen sementara Grup A, Indonesia memimpin berkat produktivitas gol yang lebih tinggi dari Laos. Garuda Muda berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 3-0 dan Filipina dengan skor 3-0. Sementara itu, Laos mengalahkan Filipina dengan skor 3-0 dan Singapura dengan skor 2-1.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengatakan bahwa timnya akan mengevaluasi hasil pertandingan melawan Filipina sebelum melihat kesiapan pemain untuk laga berikutnya.

“Mengenai strategi, kita lihat nanti, kita lihat kondisi pemain. Dari formasi sendiri mengikuti siapa pemain yang siap tampil,” kata Nova kepada media pada Selasa (25/6/2024).

Untuk memahami gaya permainan lawan, Nova akan menonton rekaman pertandingan Laos. Dari situ, ia akan menyusun strategi yang tepat.

Sementara itu, pelatih Timnas Laos U-16, Kanlaya Sysomvang, mengakui bahwa menghadapi Indonesia tidak akan mudah. Dia berharap kedua tim bisa sama-sama lolos ke semifinal. Secara matematis, peluang ini terbuka jika pertandingan berakhir imbang.

“Kami tahu Indonesia adalah tim yang kuat. Mungkin kita bisa ke semifinal bersama, saya rasa begitu,” kata Kanlaya.

Kanlaya menilai skuadnya cukup kuat di Piala AFF U-16 2024 ini, terlihat dari kesuksesan mereka mengalahkan Filipina dan Singapura.

Untuk persiapan melawan Indonesia, dia akan mempelajari gaya permainan Garuda Muda guna menentukan taktik yang akan digunakan. Dia melihat Indonesia sebagai tim yang kuat, cepat, dan memiliki fisik serta mental yang bagus.

“Mereka (Indonesia) kuat. Mereka berlatih dengan keras. Kami juga ingin menjadi seperti mereka. Jadi kami perlu fokus pada setiap langkah,” pungkasnya.